^FaT RuMaLeAn^

Cinta adalah kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Cinta sejati adalah kesucian yang harus dijaga. Cinta semestinya berhulu iman, bermuara takwa dan kebersihan jiwa.

Kamis, 24 Januari 2008




  1. Permisalan orang-orang beriman dalam cinta, kasih sayang, dan simpati di antara mereka seperti satu tubuh. Jika salah anggota tubuh merasakan sakit, maka yang lain juga ikut begadang dan ikut merasakan demam. (HR.MUSLIM)
  2. Tidak sempurna keimanan salah seorang di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dicintai untuk dirinya sendiri. (HR BUKHARI dan MUSLIM)
  3. Allah senantiasa menolong hamba-Nya manakala hamba-Nya itu mau menolong saudaranya (HR.MUSLIM)
  4. Bertakwalah kepada Allah Swt di amnapun kamu berada (HR.Tirmidzi)
  5. Dari perihal dunia, dijadikan untukku rasa cinta kepada wanita, wewangian dan kesejukan mata hati di kala shalat (HR. An-Nasa’i dalam Asyratun Nisa’)
  6. Wahai Rasulullah saw, apakah seseorang di antara kami yang memenuhi kebutuhan syahwatnya akan ada pahala baginya?’ Rasulullah saw bertanya: ’Bagaimana pendapat kalian kalau dia menempatkannya di tempat yang haram, apakah dia berdosa? Maka, demikian pula apabila dia menempatkannya di tempat yang halal, dia akan mendapat pahala (HRMuslim)
  7. Sesungguhnya tidaklah kamu memberikan nafkah kepada istrimu untuk mencari keridhaan Allah, kecuali pasti akan diberikan pahala atasnya sampai satu suapun yang kamu suapkan ke mulut istrimu. (HR.Bukhari-Muslim)
  8. Jagalah Allah swt, niscaya Allah swt akan menjagamu. Jagalah Allah swt, niscaya engkau dapati Dia dihadapanmu (HR.Tirmidzi)
  9. Jika Aku mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku menjadi penglihatannya ketika dia melihat, Aku menjadi tangannya ketika dia bertindak, dan Aku menjadi kakinya ketika dia berjalan. Jika dia meminta sesuatu, pasti akan Aku beri. Jika di berlindung kepada-Ku, pasti akan Aku lindungi (HR. Ahmad dari Anas bin Malik)
  10. Wahai anak adam, jika kamu mengingat-Ku di dalam hatimu, Aku akan mengingatmu di dalam diri-Ku. Jika kamu mengingat-Ku di tengah banyak orang, Aku akan mengingat kamu di tengah kelompok makhluk yang lebih baik (malaikat)... (HR. Ahmad dari Anas bin Malik)
  11. Keadaan hamba yang paling dekat dengan Tuhannya adalah saat dia bersujud. Maka perbanyaklah doa (HR.Muslim)
  12. Barangsiapa yang suka berjumpa dengan Allah, Allah akan suka berjumpa dengannya (HR Bukhari)
  13. Rasulullah saw mengangkat tangan seraya berdoa, ”Ya Allah, ummatku, ummatku.” Dan Rasulullah saw menangis. Maka Allah swt berfirman, ”Hai Jibril, pergilah kepada Muhammad – dan Tuhanmu lebih mengetahui – serta tanyakan apa yang membuatnya menangis?” Jibril datang, lalu bertanya kepada beliau. Rasulullah saw memberitahukan tentang apa yang beliau katakan – dan Dia lebih mengetahui – Maka Allah swt berfirman, ’Hai Jibril, pergilah kepada Muhammad, lalu katakan, ’Sesungguhnya Kami akan meridhaimu tentang urusan ummatmu dan Kami tidak akan menyusahkanmu. (HR.Muslim)
  14. Ya Tuhanku, ummatku, ummatku.” Demi ummat, disimpannya doa buat nasib mereka nanti di hari yang kedahsyatannya tak terperi. ”Setiap Nabi memiliki doa mustajab yang dia panjatkan (kepada Allah) kemudian doa itu dikabulkan serta diberikan kepadanya. Sesungguhnya aku menyimpan doaku sebagai syafaat bagi ummatku pada hari Kiamat. (HR.Muslim)
  15. Tidak sempurna iman salah seorang diantara kalian hingga kau menjadi yang paling dicintainya daripada orang tuanya, anaknya, dan seluruh manusia (HR.Bukhari)
  16. Barangsiapa menghidupkan sunnahku, berarti dia cinta kepada-Ku. Dan barangsiapa cinta kepadaku dia pasti bersamaku di Surga (HR Tirmidzi dari Anas bin Malik 2678)
  17. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kecintaan-Mu, kecintaan orang yang mencintai-Mu, dan kecintaan terhadap amal yang mendekatkanku kepada cinta-Mu (HR Tirmidzi)
  18. Dia mencintai seseorang yang dia tidak mencintainya kecuali karena Allah (HR.Bukhari)
  19. Dituliskan atas Adam bagiannya dari zina, dia mau atau tidak; mata zinanya adalah melihat, lisan zinanya adalah berbicara, tangan zinanya adalah memegang, kaki zinanya adalah melangkah, hati (zinanya) adalah berhasrat dan berharap, apakah kemaluan membenarkan hal itu atau mendustakannya (HR.Muslim)
  20. Barangsiapa menghilangkan salah satu kesempitan dunia dari seorang mukmin maka Alah swt akan menghilangkan darinya salah satu kesempitan di dunia dan akhirat. Barangsiapa memberi kemudahan terhadap seorang yang mengalami kesulitan, Allah swt akan memudahkan baginya di dunia dan akhirat. Dan Allah swt akan senantiasa menolong seorang hamba manakal hamba itu menolong saudara (HR.Muslim)

Label: